TENTANG KAMI

BERBAGI INFORMASI

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Sejahtera untuk kita semua,

Polres Kepulauan Sula Polda Maluku Utara di bentuk pada Tahun 1964 dengan sebutan Komres 20-11 kemudian berubah nama menjadi Kores XVI-02 Maluku Utara pada komdak/Kodak XX/Maluku dan Kapolres (Komres 20-11) di Jabat oleh Komisaris Polisi Tingkat I Drs. Moersaha pada tahun (1964 sd 1969), pada saat itu Polri masih digabungkan dengan  ABRI (TNI-POLRI) sehingga penyebutan kesatuan, pembentukan pendidikan dan pemberian pangkat masih mengunakan nama-nama/cara militer. Seiring dengan waktu pengalihan jaman kekuasaan dari orde lama ke jaman orde baru Polri masih juga dalam tatanan dan simbol Militer yang tidak bisa dipisahkan karena pada saat itu Persiden Republik Indonesia berasal dari kalangan Militer. Ketika peralihan dari jaman orde baru ke jaman reformasi adanya keinginan dari masyarakat Indonesia ingin memisakan antara TNI dan Polri. Maka sejak 5 Oktober 1998 muncul perdebatan disekitar presiden yang menginginkan pemisahan Polri dan ABRI  sendiri sudah banyak bermunculan aspirasi-aspirasi yang serupa kemudian direalisasikan oleh presiden B.J. Habibie melalui instruksi presiden Nomor 2 tahun 1999 yang menyatakan bahwa Polri dipisahkan dari ABRI. Kemudian pada tanggal 1 April 1999 dilaksanakan Upacara Pemisahan ditandai dengan penyerahan PANJI Tribrata Polri dari Kepala Staf Umum ABRI Letjen TNI SUGIONO kepada Sekjen Dephankam Letjen TNI FACHRUL RAZI kemudian diberikan kepada Kapolri Jenderal Polsi (Purn) ROESHMANHADI di Mabes ABRI Cilangkap Jakarta Timur.

Polres Kepulauan Sula berada di Jajaran Polda Maluku Utara merupakan salah satu Polres yang menjadi ujung tombak di wilayah Maluku Utara dalam melakukan tugas pengamanan wilayah Kota Kepulauan Sula, Penegakan Hukum melalui pengungkapan kasus residivis sindikat  pencurian dengan pemberatan  (curat) spesialis barang elektronik, pengunkapan kasus narkoba dan lain-lain, serta menjaga kamtibmas di wilayah Kota Kepulauan Sula.

Dengan demikian mulai dibentuknya Polres Kepulauan Sulasampai sekarang saat ini terus berbenah dan bertindak secara professional serta terus melakukan inovasi dalam memberikan himbawan kamtibmas kepada masyarakat di wilayah Kota Kepulauan Sula
Terimakasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Close